Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Agama hadir untuk Cinta dan Keadilan.


Akal dan keyakinan tak dapat dihancurkan dengan kekuatan eksternal apapun. Ia adalah Ada yang misterius dan liar. Ia hanya dapat dikalahkn dengan akal yang lebih unggul.

الاكراه يورث نفاقا لا ايمانا
(محمد عمارة)


Pemaksaan menimbulkan ketidakjujuran (kemunafikan), bukan keimanan.
(Muhammad Imaroh).


Jika agama dalam kehibupan berbangsa dan bernegara ditempatkan sebagai basis nilai dan moral, maka sebenarnya agama dan negara tidaklah merupakan dua institusi yang kotomistik.


Sepanjanng negara nenjamin hak-hak dasar (asasi) manusia dan dijalankan berdasarkan hukum-hukum yang adil dan untuk kesejahteraan manusia maka negara tersebut sah dan sejalan dengan .misi dan visi agama.

Umat ini tidak bertengkar tentang Tuhannya, tidak soal Nabinya dan tidak pula soal kitab sucinya. Konflik diantara mereka hanya soal uang dan uang.
(Umar bin Abdul Azis).

Usman bin Zaid, sahabat Nabi, terus saja menikamkan pedang ketubuh musuhnya, meski ia telah mengatakan: "Laa Ilaaha illa Alloh" (Tidak ada Tuhan selaun Alloh). Usman lalu melaporkan peristiwa itu kepada Nabi. Nabi terkejut dan mengatakan "Apakah kamu membunuh orang yang mengucapkan: kalimat tauhid itu?" Usman beragumen: "Benar, karena dia munafik, ucapan itu hanya untuk melindungi dirinya." Nabi mengatakan: Apakah kamu sudah membelah dadanya (mengetahui isi hatinya)?"
(Hadist).


ان العقل أساس النقل فلولاهماثتت النبوة والشريعتة
(الامام الغزالى)

Akal adalah bisis naql (teks), Andaikata tanpa akal, kepercayaan pada kenabian dan agama tidaklah kokoh.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..