Puluhan Pertanyaan seputar Muamalah | Bashul Masail

1. Bagaimana hukum menjual pupuk kandang ?
Jawab : tidak boleh ,kecuali dengan pemindahan hak milik
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 509 .
قوله : ﴿ ولا يصح بيع عين نجسة ﴾ .....ويجوز نقل اليد عن النجس با الدراهم كما في النزول عن الوظائف وطريقه ان يقول المستحق له : اسقطت حقى من هذا بكذا فيقول الاخر : قبلت 

2. Mba, tumbas jajan ,ki artone ta paringke meja ggeh ? bagaimana hukum aqad tersebut ?
Jawab : boleh apabila sudah menjadi pengadatan
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 507 .
قوله :﴿ ولا بد في البيع ﴾ ....واختار النواوى وجماعة صحة البيع بها في كل ما يعده الناس بيعا لان المدار فيه علي الرضاالمتعا قدين

3. Bolehkah dalam hukum syara’ memelihara anjing untuk menjaga rumah  ?
Jawab : Boleh ,jika sudah mencukupi persyaratan yang akan di terangkan di bawah ini
Ref :al-bayjuri  juz 2 hal 357 .
قوله : وشرط الملا حط قدرته على منع السارق اى بقوة او ستغاثة فاءن لم يكن فيه قدرة على منع السارق لا بقوة ولا بااستغاثة فهو كاالعدم .
Dan bagi malakhit di syaratkan kuat untuk mencegah pencuri dengan menggunakan kuku atau menyelubungi,maka apabila tidak mempunyai kemampuan seperti itu maka maka adanya penjaga sama halnya tdak ada penjaga ,dalam hal ini juga masih membutuhkan percobaan ,tidak cukup satu kali tetapi harus beberapa kali ,karena kalau baru satu kali itu masih di ragukan dalam penjagaanya ,hal ini sama dengan anjing yang di gunakan untuk berburu .
   
4. Bagaimana hukum hal  meggunakan barang gadai ?
Jawab : boleh karena orang yang menerima gadai memiliki hak untuk meggunakan barang tersebut
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 538 .
قوله :﴿  والرهن وضعه على الاما نة ﴾ ...واليد المرهون للمرتهن 

5. Jaminan gadai berupa tanah yang terdapat pohon yang dimana pohon tersebut bisa berbuah, misalnya  pohon magga, siapakah yang berhak atas  buah tersebut ?
Jawab : si pemilik tanah ( rohin )
Ref :  nihayatuzzain hal 237 .
قوله ﴿  وشجر ﴾ .... ولا يدخل ذالك في رهن وكل مالا ينقل الملك كعا رية واجارة واقرار

6. Lulu bilang pada ulvi ,mba, ngampil bukune ,ulvi jawab ,yo..tapi ki dudu we’ku ? bagaimana hukum I’aroh ﴾pinjam meminjam ﴿ tersebut ?
Jawab : tidak shah,karena barang yang di pinjamkan bukan milik sendiri,melainkan milik orang lain
Ref : fathul qorib hal 158 .
ومن لا يملك المنفعة كمستعير لا يصح اعارته الا باذن المعير

7. Bagaimana hukumnya meminjam bolpoint seperti yang sudah kelaku ?
Jawab : Tafshil

ü    shah .apabila meminjam bolpoin dengan tujuan memanfaatkan ,meskipun tanpa adanya syighot meminta
ü    tidak shah .apabila hanya bermaksud meminjam bolpoint saja
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 13 .
قوله ﴿اذا كانت منا فعه اثار ﴾ ....مخرج للمنافع التى هي اعيان غير مستقيم كلبن الشاة وثمر الشجرة وقوله﴿ ونحوذلك ﴾ كداوة  للكتابة بحبرها   

8.  Bagaimana hukumnya mengambil buah yang jatuh yang dimana buah tersebut jatuhny masih dalam kebun yang di pagar ?
Jawab : Haram, kecuali buah yang jatuh berada diluar batas pagar .tetapi ada dua kemungkinan
Halal diambil apabila sudah di ketahui keridloan si pemilik buah tersebut dan sudah menjadi pengadataan
Dan sebaliknya
Ref : ref : fathul mu’in juz 3 hal; 293 .
ويحرم اخذ ثمر تساقط ان حوط عليه وسقط داخل الجدار قال في المجموع : ما سقط خارج الجدار ان لم يعتد اباحته حرم وان اعتيدت حل عملا بالعادة المستمرة المغالبة على الظن ابا حتهم له

9. Apabila kita meminjam sesuatu barang ,akan tetapi barang tersebut hilang ﴾di curi ﴿ wajibjkah kita megganti barang tersebut ?
Jawab : Wajib
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 15 .
قوله :﴿ فان تلف باستعمال ماءذون فيه﴾ .......وقوله : او انمحق اي ذابت عينه باالكلية ولم يبق لها اثار بسبس اللبس بخلاف ما اذا تحرق او سرق مثلا فانه يضمنه

10. Apabila kita meminjam sepeda motor pada tetangga , apakah kita wajib mengisi bensin ?
Jawab : Tidak wajib .karena mengisi bensin adalah kewajiban malik ( yang punya sepeda motor ) akan tetapi menurut imam qodli Husain kewajiban bagi yang minjam
Ref :al-bayjuri juz 2 hal 44
قوله :﴿ ابا حة الانتفاع ﴾ ....وخرج بمؤنه رده مؤنته فتلزم المالك لانها من حقوق الملك خلافا للقاضى القا ئل بانها على المستعير

11. Di akhirussanah APIDAMA mengadakan ziaroh ke Madura, di tengah perjalanan bis yang di gunakan mendadak macet ,bagaimana aqad ijaroh yang telah di lakukan ?
Jawab : tidak rusak bahkan wajib bagi biro transportasi untuk mendatangkan bus yang baru
Ref : al-bayjuri  juz 2 hal 44 .
قوله﴿ وتبطل ﴾ وخرج باالمعينة ما اذا كانت الدابة المؤجرة في الذمة فان المؤجر اذا حضرها وماتت في اثناء المدة فلا تنفسخ الاجارة بل يجب على المؤجر ابدالها

12. Bagaimana hukum menyewa seorang khafidzoh  untuk menghatamkan alqur’an guna mendoakan mayit ?
Jawab : Shah
ref : fathul mu’in juz 3 hal 131 .
قوله :﴿ واقع للمكترى غير متضمن لاستفاءعين قصدا ﴾.....يصح الاستجار لقرءاة القر ان عند القبر او مع الدعاء بمثل ما حصل له من الاجر له او لغيره عقبها

13. Syahkah aqad ijaroh orang islam pada orang kafir  ?
Jawab : Shah akan tetapi di hukumi makruh
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 41.
قوله :﴿ صحة اجارته ﴾ لكن تكره اجارة مسلم لكافر عينا او ذمة

14. Bolehkah menerima waqofan dari orang non muslim ?
Jawab : Boleh .sebab waqof tersebut di hukumi sah
Ref : al-bayjuri  juz 2 hal 63 .
قوله :﴿ صحة عبارته ﴾ .....ويصح الوقف من الكافر ولو المسجد وان لم تقده قربة

15. Bagaimanakah memberi nafaqoh kepada anak yang masih ta’alum ?
Jawab : Batasan anak yang wajib di nafaqohi adalah, ketika masih balita sampai baligh, tapi tidak kuat untuk mencari nafaqoh sendiri ,berbeda bila baligh atau tua tapi masih taa’lum ( mondok ) maka nafaqoh untuknya hukumnya wajib, karena  dirinya di sibukan mendalami ilmu syara’
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 273 .
قوله: ( فالغني الكبير لا تجب نفقته ) ويستثنى ما لو كان مشتغلا بعلم شرعي ويرجى منه النجابة والكسب يمنعه منه فتجب نفقته حينئذ ولا يكلف الكسب

16. Apa perbedaan antara HIBBAH ,SHODAQOH dan HADIAH ?
Jawab :
Hibbah : memberikan sesuatu karena mengharapkan pahala degan adanya syighot
Shodaqoh : memberikan  sesuatu karena mengharapkan pahala untuk kebutuhan orang lain tanpa adanya syighot
Hadiah : memberikan sesuatu kepada orang lain karena memuliakan dengan tanpa adanya syighot
Ref : I’anathut tholibin juz 3 hal 171 .
قوله : ﴿ والحاصل ﴾ ....وان ملك لالاجل الثواب ولا اكرام بصيغة كان هبة فقط .وان ملك لاجل الاحتياج اوالثواب من غير صيغة كان صدقة فقط . وان ملك لاجل الاكرام من غير صيغة كان هدية فقط 

17. Pa li’k mempunyai putri bernama dewi “ndu ki kalung dienggo “ selang beberapa bulan dewi meniggal dunia .siapa yang berhak atas kalung emas tersebut ?
Jawab : bapaknya ,karena pada waktu memberikan kalung tersebut tidak ada shighot hibbah
Ref : al-bayjuri Juz 2 hal 71 .
)قوله ولا تصح الهبة ( ....وكذا لو زين به ولده الصغير من غير صيغة حتى لومات الولد لم ترث منه امه لانه باق على مالك ابيه 

18. Apakah di perbolehkan menjual barang waqofan masjid seperti tikar ?
Jawab :
Tafshil
A .Boleh ,apabila sudah tidak layak pakai dan hasil penjualannya untuk kemaslahtan masjid
B . Harom ,apabila masih layak pakai
Ref : Al machali juz 3 hal 109.
والا صح جواز بيع حصرالمسجد الموقوفة اذا بليت وجذوعه اذا انكسرت ولم يصلح الا للاحراق لئلا تضيع ويصرف ثمنها في مصا لح المسجد 

19. Sebatas mana laki-laki di perolehkan melihat wnita lain machrom ketika ta’arufan ?
Jawab : wajah dan telapak tangan
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 139 .
قوله : ونظر الخ .... والرابع النظر لاءجل النكاح فيجوز الي الوجه والكفين

20. Bagaimana hukum kawin kontrak  ?
Jawab :  tidak syah
Ref : Al machali juz 3 hal 218-219
قوله : ولا يصح توقيته كائن ينكح الى شهر او الى قدوم زيد للنهى عن نكاح المتعة في حديث الصحيحين

21. Bagaimana hukum menikahnya orang islam dengan non islam  ?
Jawab : Tidak syah ( haram )
Ref : BUjayromi hal 372 .
قوله : لا يحل لمسلم ( نكاح كافرة )ولو مجوسية وان كان لها شبهة كتاب ( الا كتا بية خالصة )

22. Bagaimana hukum mengikuti progam KB ?
Jawab : Tafshil
a.makruh ,apabila bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran
b.Haram ,apabila bertujuan memutus kehamilan
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 135 .
قوله : فاءن فقد الا هبة .....وكذلك استعمل المرءة الشيء الذي يبطئ الحبل او يقطعه من اصله فيكره فى الاول ويحرم فى الثان

40. Bolehkah meminta kembali barang-barang yang telah di berikan kepada calon istri yang gagal di nikahi ?
Jawab : Boleh ,apabila pemberian tersebut adalah sebagai hadiah menuju pelaminan
Ref : Al- bayjuri Hal 155 .
قوله :  ولو انفق علي المخطوبة ولم يتجوزها رجع بما انفقه حتى بالملح ولو كان الترك منه او بمؤنها ومحل رجوعه حيث اطلق او قصد الهد ية لاجل النكاح فان قصد الهدية لا لاجل النكاح فلا رجوع 

41. Bagaimana hukum menikahnya seseorang yang hamil terlebih dahulu, dan bagaimana status anaknya ketika sudah lahir  ?
Jawab : Pernikahanya shah .status anak tafshil
a.Apabila lahir sebelum 6 bulan dari hubungan intim setelah menikah ,maka dihukukmi anak zina
b.Apabila lahir setelah masa 6 bulan dari hubungan intim ,maka di hukumi anak laki-laki dari yang menhamili wanita tersebut ,karena masa yang paling sedikit suatu kandiungan adalah 6 bulan di tambah watu hubungan intim dan melahirkan ,jadi di mungkinkan anak tersebut hasil pernikahan yang shah 
Ref : bughyatul mustarsydin hal 242 .
قوله : ( مسئلة ) جاهلا من الزنا فاءتت بولد لزمن امكانه منه باءن ولدت ستة اشهر ولخظتين من عقده وامكان وطئه لحقه وكذا ان جهلت المدة ولم يرد هل ولدته لمدة الامكان او لدونها على الرجع وان ولدته لدونها لم يلحقه .

42. Bagaimana hukum aqad melalui internet ?
Jawab :
tidak shah ,karena syarat dalam pernikahan,saksi harus mengetahui gerak-gerik lisan wali dan mempelai pria dengan jelas,dan saksi juga harus mengetahui bahwa suara yang keluar dari mempelai pria
Ref : Nihayatuzzain hal 305-306 .
)و ( شرط ( فى الشا هدين اهلية شهادة ) ....وعدم تعينهما او تعين احدهما ( للولاية ) فلا يصح النكاح بحضرة من ان تفى فيه شرط من ذلك كان عقد بحضرة عبدين او امراتين او خنثيين الا ان بان ذكرين .....او من كان فى ظلمة شديدة لعدم علمها با لموهب والقا بل فلو سمعا الايجاب والقبول من غير رؤية للموجب والقابل ولكن جزمافى انفسهما باءن الموجب والقابل فلان لم يكف ذلك لذلك

43. Bagaimana hukum aqad nikah yang mendahukan qobul  ?
Jawab : Shah
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 147 .
قوله : ( فصل فيما لايصح النكاح الا به ) ....ولا يضر تقديم القبول على الايجاب لحصول المقصود

44. Apakah masih di katakan perawan apabila wanita melakukan masturbasi  ?
Jawab :
Masih di katakan perawan ,karena hal tersebut tidak di kategorikan wati seperti hilangnya keperawanan dengan menggunakan tangan
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 157 
قوله : ( والبكر عكسهما ) ....وقد عرفت ان المراد لعكسها خلافها وهي بكسر الياء من لم تزل بكارتها بوطء فى قبولها بان لم تزل بكارتها اصلا وان وطئت كالعوراء او خلفت بلا بكارة او زالت بكارتها بلا وطء كسقطة وشدة حيض ونحو اصبع 

45. Bagaimana hukum menghadiri acara pernikahan yang ada unsur kemaksiatan ( seperti hiburan orkes ) ?
Jawab : tidak wajib di hadiri
Ref : Fathul Qorib hal 182 .
قوله : والاجابة اليها ....( واجبة ) .... ( الا من عذر ) اي مانع من الاجابة للوليمة كان يكون فى موضع الدعوة
Al-bayjuri hal 185
قوله : ( كان يكون ) اي وكاءن يكون هناك منكر ولو عندالمدعو فقط لايزول بحضوره كاءلة لهو 

46. Bagaimana hukum status kado pernikahan  ?
Jawab : statusnya seperti hutang ,yakni wajib di kembalikan dan bagi orang yang memberi boleh meminta kembali ,apabila sudah menjadi kebiasaan
Ref : All-bayjuri hal 186 .
قوله : ( فى موضع الدعوة ) والنقوط المعتلد فى الافراح يجب رده كاالدين ولدافعه المطالبة به ولا اثرللعرف اذاجرى بعدم الرد لانه مطضرب فلا اعتبار به فكم من شحص بدفع النقوط ويريد  رده اليه

47. Bagaimana hukum menghadiri walimatul ursyi seorang koruptor ? 
Jawab : Tafshil .
a)    Haram ,jika orang tersebut mengetahui bahwa orang yang memiliki hajat,seorang koruptor , meskipun maudhu’ tidak memakan  jamuannya
b)    Makruh ,apabila maudhu’tidak mengetahuinya  
ref : al-bayjuri juz 2 hal 184 .
قوله : ( وبقية الشروط مذكورة في المطولات ) ومنها : ان لا يدعوه من اكثر ماله حرام .فمن كان كذلك كرهت اجابته ما لم يعلم ان عين الطعام حرام والا حرمت وان لم يرد الاكل منه لان فيه اقرار على المعصية 

48. Apa sanksi bagi seorang istri yang nusyuz  ?
Jawab : Apabila istri nusyuz maka suami memiliki hak :
a.Tidak menggilir
b.menghentikan nafaqoh dan segala hal yang berhubungan dengan nafaqoh seperti memberikan pakaian ,tempat tinggal ,dan alat-alat kebersihan  dll .
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 196 .
قوله : ( قسمها ) اي فى ذلك الدور وما بعده ما دامت نا شزة وان لم تاءثم باالنشوز كصغيرة ونحوها مالم ترجع قبل النوبتها وقوله : ونفقتها اي وتوابعها كا الكسوة والسكنى والات التنظيف ونحوها

49. Bagaimana hukum menikahnya  seorang wanita yang masih dalam masa I’ddah  ?
Jawab : Tidak shah
Ref : Al-bayjuri hal 10 ( dalem )
)فصل فيما لايصح النكاح الا به ( وكونها خالية من نكاح وعدة فلا يصح نكاح منكوحة ولا معتدة من غيره

50. Jatuhkah tholaq yang di wakilkan ?
Jawab : Jatuh ,walaupun bagi wakil tidak niat
Ref : I’anatuttholibin juz 2 hal 25 .
قوله : ( ويقع طلاق الكيل ) في الطلاق ( بطلقت ) فلا نه ونحوه وان لم ينو عند الطلاق انه مطلق لموكله

51. Suatu hari machmud mencerikan istrinya lewat SMS yang bertuliskan “kamu saya cerai  “.bagaimanakah hukum tholaq tersebut ?
Jawab : Tafshil
a.shah bila di sertai dengan niat
b.Tidak shah apabila tidak di sertai niat
Ref : fatchul mui’n juz 4 hal 20 .
فرع لو كتب صريح طلاق او كنا يته ولم ينو ايقاع الطلاق فلغو مالم يتلفظ حال الكتا بة او بعدها بصريح ما كتبه 

52. Rosyid ; Dek .,aku tak kerjo nang arab Saudi yow ,nek setahun aku ora bali sampean tak tholaq , Kapankah tholaqnya rosyid jatuh  ?
Jawab : Ketika rosyid benar-benar tidak pulang selama satu tahun
Ref : Fatchul muio’n juz 4 hal 14 .
قوله : وافتى ابن الصلاح فيما لو قال رجل : ان غبت عنها فيما انا لها بروح باءنه اقرار في الظاهر بزوال الزو جية بعد غيبته السنة فلها بعدها ثم بعد انقضاء عدتها تزوج لغيره                                                    

53. Sudah berlaku di masyarakat bahwa menikah dengan sepupu tidak di perbolehkan,bagaimana pandangan fiqih dengan hal tersebut  ?
Jawab : Menurut pandangan fiqih boleh ,karena bukan termasuk tunggal machrom akan tetapi di sunnahkan agar tidak menikah dengan kerabat dekat,Karena bisa mengahsilkan anak yang kurus-kurus .
Ref : Al-bayjuri juz 2 bhal 133 .
قوله : ( النكح ) .....ويستحب كون الزوجة ....غير ذات قرابة قريبة بان كانت اجنبية او ذات قرابة بعيدة لضعف الشهوة في ذات القرابة كبنت العم فيجئ الولد نحيفا                                                                

54. surti seorang TKW di arab Saudi ,kemudian surti mendapat kabar bahwa suami tercinta meninggal dunia ,bagaimana cara I’ddahnya surti  ? apakah harus kembali ke indonesia atau tetap di arab Saudi ?
Jawab : Tafshil
a.Ketika kepergianya surti tanpa seiring suami ,maka I’dahnya surti wajib pulang ke Indonesia
b.Dan sebaliknya
Ref : I’anatuttholibin juz 4 hal 54 .
قوله : ( كانت فيه  الخ ) .....فاءن فورقت بوفاة او غيرها وهي في مسكن لم ياءذن فيه بان تقلت من مسكنها الاول الى المسكن الثان بغير اذن الزوج لها فيلزمها ان ترجع للاول وتعتد فيه لعصينها بذلك بخلافما لو ان تقلت اليه باءذنه فانها تعتد فيه وجوبا وان كان ابعد من الاول او رجعت اليه لاخذ متاع

55. bagimana hukum I’ddahnya istri yang di tolak suaminya dan di tengah-tengah I’ddahnya suami meninggal   ?
Jawab : Tafshil
a.    Apabila I’ddah yang di jalani karena di tolak roj ‘I maka I’ddahnya pindah ke I’ddah I’ddah di tinggal mati
b.    Apabila I’dah yang di jalani karena tolak Bain mka I’dahnya tidak berubah .
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 247 .
قوله : ( وغير المتوفي عنها زوجها ) واعلم انه لومات عن المطلقة الرجعية في العدة ان تقلت الى عدة اوفاة لانها كالزوجة وترث حينئذ بخلاف البائن

56. Pada masa menjalani masa I’ddah inneze melakukan zina    hingga hamil, apakah I’ddahnya inneze berpindah pada I’ddah biwad i’ lil hamli ?
Jawab : tidak berpindah,cukup dengan I’ddah aqro’atau I’dah ashur yang telah di jalani sebelum hamil
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 246 .
قوله : ( مع امكان نسبة الحمل للميت ).....فاءن كانت حاملا من زنا او حملت فى العدة منه انقضت عدتها بمضى الاشهر مع وجوده لانه لاحرمة له

57. Marry maryati adalah wanita yang punya gengsi besar, untuk memenuhi hawa nafsunya ia berhutang berlian tanpa sepengetahuan suaminya , wajibkah sang suami membayarkan utangnya  ?
Jawab : tidak wajib karena bukan kebutuhan pokok
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 282 .
قوله : ( ويصير وما انفقته دنيا عليه ) اي ان كانت بقدرالواجب بخلاف ما اذاكان ما انفقته زائدا على قدر الواجب فلا يصير دنيا عليه الا قدرالواجب 

58. Siapakah yang berhak atas hak asuh anak yang menjadi korban perceraian kedua orang tuanya  ?
Jawab : Tafshil
a)    Apabila anak tersebut belum tamyiz maka hak asuh anak jatuh pada ibu
b)    Apabila anak tersebut sudah tamyiz maka hak asuh anak jatuh pada orang tua yang di pilih anak tersebut
Ref : Al-bayjuri juz 2hal 284 .
قوله : ( واذا فا رق الرجل زوجة وله ومنها ولد منها ولد فهي احق بحضنته ) ....ثم بعدها ( يخير ) المميز (بين ابويه فاءيهما اختار سلم اليه                                     

59. Menyembelih ayam berniat A’qiqoh apakah sudah mencukupi ?
Jawab : menurut imam syaikhuna (nawawi ,Rofi’I )mencukupi ketika orang tersebut faqir
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 442 .
قوله : ( وهي ) ...وعن ابن عباس انه يكفى اراقه الدم ولو من دجاج اواوزكما قاله الميداني وكان شيخنا رحمه لله ياءمر الفقير بتقليده ويقيس على الاضحية العقيقة                                                                   

60. Apakah bayi yang keguguran masih sunnah di A’qiqohi  ?
Jawab : Tafshil
a)    Ketika masih berupa gumpalan darah maka tidak di sunnahkan Aqiqoh
b)    Apabila kandungan sudah berumur 4 bulan maka sunnah di Aqiqohi
Ref : Bughgyatul mustarsyidin hal 258 .
لايستحب العقيقة كا لتمسيةعن السقط الا ان تفخت فيه الروح اذ من لم تنفخ فيه لا يبعث ولا ينتفع به فى الاخرة                                                   

61. Sudah mencukupikah menyembelih satu ekor kambing untuk mengaqiqohi bayi kembar ?
Jawab : Khilaf
a)    Tidak mencukupi menurut imam ibnu hajar
b)    mencukupi menurut imam Ramly
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 455 .
قوله : ( وتعتد العقيقة بتعددالاولاد ) اي فلا تكفى عنهم عقيقة واحدة وهذا مبني علي قول العلامة ابن حاجر ...لكن الذي صرح به العلامة الرملي انه يكفي وعليه فتكفي عقيقة واحدة عن الاولاد بطريق الاولى فتداخل على المعتمد                             

62. Apakah ada ketentuan A’qiqoh bayi laki-laki harus dua ekor kambing  ?
Jawab : tidak ,karena sudah sudah mencukupi menyembelih satu ekor kambing untuk mengaqiqohi bayi laki-laki dan itu di samakan dengan 1/7 unta badanah /sapi
Ref :al-bayjuri  juz 2 hal 455 .
قوله : ويذبح ...فلا ينافى انه يتاءدي نصل السنة عن الغلام بشاة او بسبع بدنة او بقرة لانه صلى الله عليه وسلم عق عن الحسن والحسين كبشا كبشا والحق به سبع بدنة او بقرة

63. Apakah anak zina tetap di sunnahkan di A’qiqohi  ?
Jawab : tetap di sunnahkan
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 452 .
قوله : ( مستحبة ) بل هي سنة مؤ كدة للا ءخبار الواردو فيها كالخبر السا بق فتتئاكد لمن تلزمه نفقته المولود بتقدير فقره وان لم يكن فقيرا باالفعل بان كان له مال ولا يفعلهامن ماله لانها تبرع وهو ممتنع من ماله وانما يفعلها الولي من مال نفسه ولو الام فى ولد الزنا لكن تخفيها خوف الهتيكة                         

64. Bolehkanh memakan daging Qurban bagi orang yang berqurban  ?
Jawab : Tafshil
a)    Apabila Qurban tersebut nadzar maka tidak boleh memakannya .dan wajib menyodakohkan semua dagingnya
b)    Apabila Qurban tersebut Sunnah ,maka boleh memakan 1/3 daging tersebut begitu juga dengan A’qiqoh
Ref :fathul qorib fil bayjuri hal 450 .
قوله :( ولا ياءكل المضحى شيئا من الاضحية المنذورة ) بل يجب عليه التصدق بجميع لحمها فلو اخرها فتلفت لزمه ضمنه ( وياءكل من الاضحية المتطوع بها ) ثلثا على الجديد                                                  

65. Apa tujuan A’qiqoh  ?
Jawab : Supaya bisa menyafa’ati orang tuanya
Ref : Al-bayjuri juz 2hal 453 .
)فضل في العقيقة ....( والاصل فيها اخبار كخبر : "الغلام مرتهن بعقيقة حتى تذبح عنه يوم السابع ويحلق راءسه ويسمى " رواه الترمذى ...وقيل معنا انه لايشفع فى والديه يوم القيامة                                                   

66. Bolehkah Qurban nadzar dengan hewan yang sedang bunting ?”
Jawab : Boleh ,dan apabila  anak hewan belum lahir ,maka penyembelihannya cukup induknya saja apabila anak Qurban lahir tepat di hari penyembelihan maka wajib di sembelih dan si mudhohi boleh memakan daging anak hewan tersebut
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 450 .
قوله : ( ولا ياءكل )...فصورة  المسئلة انه انفعل منها قبل التضحية بها على انه لو نذر التضحية بها وكننت حاملا او جعلها اضحية كذلك او طراء حملها بعد ذلك فيهما لم يضر فاءن جاء وقت الاضحية وهي حامل ذبحها وذبح ولدها وجوبا ويجوز له اكله                                                              

67. Bolehkah memberikan kepala dan dengkil ( kaki bagian bawah ) pada orang yang menyembelih Qurban  ?
Jawab : Boleh ,dengan syarat pemberian tersebut tidak di niati upah menyembelih 
Ref : al-bayjuri juz 2 hal 302 .
ويحرم ايضا جعله اجرة للجزار ولو كانت الاضحية تطزعا ( قوله ويحرم ايضا جعله اجرة للجزار اى لانه في معنى البيع فان اعطاه لا على انه اجرة بل صدقة لم يحرم                                                               

68. Bagaimana hukum menyembelih hewan hingga terputus lehernya ?
Jawab :  tetap halal hanya saja caranya yang di haramkan karena ada unsure penyiksaan akan tetapi menurut imam syhibromilisi hukumnya makruh
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 428 .
قوله :( ولا يسن قطع ما وراءالودجين ) لكن لو قطع الراءس كله كفى وان حرم للتعذيب والمعتمد  عند الرمل والشبر ملسى الكراهة   

69. Halalkah hewan yang di sembelih 2 kali di karenakan saat penyembelihan pisau terjatuh dan di teruskan kembali  ?
Jawab : tetap halal apabila
-penyembelihan kedua di teruskan dengan segera meskipun sudah tidak di temukan hayatul mus taqiroh
-Masih di temukan hayatul mustaqiroh walaupun penyembelihan yang kedua terpisah dengan jarak yang jauh
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 427 .
قوله : ويكون قطع ما ذكر الخ ....وقوله : دفعة واحدة لافى دفعتين اى اذا لم توجد الحياة المستقرة عند لدفعه الثانية فيحل المذبوح حينئذ                    

70. Bagaimana hukum  hewan yang di sembelih oleh seorang wanita ?
Jawab : Halal
Ref : Al-bayjuri juz 2 hal 432  .
قوله : وتحل ذكاة ( كل مسلم )اى ومسلمة                                        

71. Bagaiman hukum penyembelihan  hewan dengan menggunakan mesin ?
Jawab : Halal ,di syaratkan mesin penyembelihan tajam
Ref : Fathul Qorib fil Bayjuri hal 430 .
قوله : ( وتجوز الذكاة بكل ما ) اى بكل محدد ( يجرح كحديد ونحاس الا بالسن والظفر


Sumber : Kajian Musyawaroh Fiqh Siswi Fatchul Mu’in Awwal APIP 2 Tegalrejo Magelang
Baca Juga ini.
Seputar Pertanyaan Tentang Haji | Bashul Masail
Seputar Pertanyaan Tentang Puasa | Bashul Masail

2 komentar:

  1. Bagaimana hukumnya membuat laporan keuangan yang berbeda antara pajak dan yang sebenarnya?

    ReplyDelete
  2. Bagaimana hukumnya membuat laporan keuangan yang berbeda antara pajak dan yang sebenarnya?

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..