Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Ketentuan darah Haid beserta rinciannya 3

Melanjutkan sebelumnya Ketentuan darah Haid beserta rinciannya 2. Sedangkan bila jumlah masa suci pemisah ditambah darah kedua melebihi 15 hari, maka sebagian darah kedua dihukumibdarah fasad. (untuk menyempurnakan masa minimal suci pemisah). dan sisanya dihukumi haidi yang kedua. bila memenuhi ketentuan haid. 





  • contoh 1 :
keluar darah pertama 3 hari
berhenti selama 12 hari
keluar darah yang kedua 6 hari
Maka, 3 hari awal dihukumi haidi, 12 hari dihukumi suci dan 3 hari darah kedua adalah darah kotor dan dihukumi masa suci, sedang 3 hari akhir dihukumi haidi yang kedua.
  •  contoh 2 :
keluar darah pertama 5 hari
berhenti selama 10 hari
keluar darah kedua 10 hari
maka 5 hari awal dihukumi haid, 10 hari ditambah 5 hari (sebagai dara dih kotor) dihukumi masa suci dan 5 hari akhir dihukumi haid yang kedua.
  • Contoh 3 :
Keluar darah pertama selama 10 hari
Berhenti selama 10 hari
Keluar darah kedua 10 hari 
Maka 10 hari pertama disebut haid, 10 hari tidak keluar darah, ditambah 5 hari masa keluar darah  (sebagai penyempurna masa paling sedikit suci), dihukumi masa suci. Sedangkan 5 har idisebut darah haid yang kedua.
  • Contoh 4 :
keluar darah pertama selama 10 hari
berhenti selama 10 hari
keluar darah kedua selama 5 hari lebih 20 jam
maka 10 hari awal dihukumi haidi, 10 hari tidak keluar darah ditambah 5 hari masa keluar darah kedua dihukumi masa suci, 20 jam sisanya disebut darah kotor.
penentuan hukum ini adalah apabila masa keluar darah kedua, setelah dikurangi untuk menyempurnakan masa minimal suci, sisanya tidak lebih dari maksimal haid (15 hari) . dan jika melebihi masa 15 hari, maka perempuan tersebut dihukumi mustahadloh dan ketentuan hukumnya disesuaikan pembagian mustahadloh yang akan datang.

  • contohnya
Darah pertama keluar 10 hari
berhenti 10 hari
Keluar yang kedua 25 hari

Maka, 10 hari pertama dihukumi haid, 10 hari tak keluar ditambah 5 hari saat keluar darah haid yang kedua (untuk penyempurna 15 hari minimal suci yang memisahkan antara dua haid), dikatakan masa suci. sehari setelah dihukumi haid kedua, sisanya adalah darah istihadloh. Ini jika terjadi pada wanita yang baru pertama haid, darah yang keluar tak bisa dibedakan lemah dan kuatnya (Mustahadloh Mubtad'iyah Ghoiru Mumayyizah),  jika pernah mengalami haid (Mu'tadah Ghoiru Mumayyizah), maka haid dan sucu disesuaikan kebiasaanya. Misal kebiasaan 5 hari maka 10 hari awal dihukumi haid, 10 hari masa keluar ditambah  5 hari saat keluar darah yang kedua dihukumi masa suci, dan 5 hari setelah itu dihukumi haid yang ke dua, karena mengikuti kebiasaan sedangkan sisanya dinamakan istihadloh.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..