Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Yang perlu diperhatikan saat haid

Saat haid tiba wanita wajib menjauhi hal-hal yang diharamkan, dan harus menjaa yang berkaitan dengan pakaian agar tidak terkena najis dari darah haid tersebut hingga beribadah bisa nyaman karena tidak terkena darah haid, Niala darah yang keluar mencaoai batas minimal haid yakni (24 jam) sehari semalam, jikala darah itu berhenti maka diwajibkan untuk mandi dan melaksanakan rutinitas ibadah kembali, dan jika darah keluar lagi maka hindari hal-hal yang diharamkan yang berkaitan dengan haid tersebut, demikian dan seterusnya sampai pada masa 15 hari (masa maksimal haid).

Manakala darah berhenti sebelum batas minimal (24jam)  cukup dengan membersihkan darah yang keluar dengan bersih dan tidak usah mandi tapi hanya dengan mengambil wudlu untuk rutinitas ibadah. Bila darah haid keluar lagi, naka harus dihitung masa saat keluar darah sampai berhentinya ditambah masa keluar darah kedua,apakah jumlahnya mencapai batas manimal haid (24jam).

Kemudian darah dihukumi berhenti seandainya diusap dengan kapas atau menggunakan pembalut, sudah tidak ada cairan yang keluar sesuai dengan ketentuan darisifat warna darah (hanya berupa cairan bening). Namun bila masih ada cairan yang berwarna keruh dan kuning. terjadi perbedaan antara Ulama. Ada yang menghukumi itu adalah darah haid (qoul yang kuat), sebab masih warna darah dan berhubungan darah yang keluar dari tempat keluarnya darah haid tersebut. Ada juga Ulama berpendapat itu bukan darahhaid karena bukan warna darah. Maka itu sangatlah perlu untuk menadai waktu keluar dan berhentinya darah itu, dan memperhatikan warna dan sifatnya, terlebih bila mana ia mengalami istihadloh. Dengan pertimbangan yang sangat erat hubungannya dengan masalah amaliah  Ibdah seperti Sholat dan Puasa yangakan di Qodo'.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..