Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Resep Untuk Membangun Percaya Diri - Kurang PeDe - Ini Obatnya..

Hampir semua orang yang berkelana di jagat raya ini, mengharapkan kemajuan, kesuksesan, keberhasilan dalam hidupnya, tapi kenyataannya tidak sedikit orang yang kurang berhasil dalam karier, dalam bisnis, dalam hidupnya lantaran dia kurang percaya pada dirinya, merasa dirinya kecil, serba takut, bimbang dan sebagainya. Dalam hal ini sangat penting peranannya untuk mehilangkan rasa ketidak percaya diri anda, karena dengan ketidak percaya dirian seseorang akan berakibat fatal, apalagi sebagai makhluk sosial kita itu bersentuhan dengan orang lain, nah mengenai Lima Tips Resep Untuk Membangun Percaya Diri - Kurang PeDe - Ini Obatnya..

Untuk mengatasi hail tsb diatas, agar dapat berlabuh dipelabuan sukses kami coba sampaikan sebuah resep, yang terdiri dari 5 buah pil rohani yang saya dapatkan dari seorang Doktor yang bernama DR. D.J. Schwartz dalam bukunya "The magic of thingking big" yang barang kali baik untuk di coba. Resep tsb sebagai berikut :

1. Berusahalah duduk di depan.
Seringkali dalam pertemuan baik resmi ataupun tidak resmi, jajaran kursi di belakang biasanya Lebih cepat penuh daripada jajaran depan, kenapa demikian? karena orang kebanyakan tak ingin dirinya tampak menyolok, tak ingin kelihatan karena rasa percaya terhadap dirinya kurang. Untuk mengatasi hal demikian, cobalah duduk sedepan mungkin, memang anda akan semakin nampak,semakin kelihatan, tapi tak jadi  soal karena harus diingat bahwa duduk didepan dapat membangun rasa percaya terhadap diri sendiri, cobalah praktekan anda akan merasakan tumbuhnya rasa percaya diri.

2. Tataplah muka orang.
Cara orang menggunakan matanya, bisa ditafsirkan dengan berbagai macam tafsiran, secara naluriah anda akan bertanya jika orang mau menatap wajah anda, apa ada yang disembunyikan, ada yang ditakuti, atau ia hendak membohongi saya. Biasanya kegagalan mengadakan "Kontak mata" ada artinya. Bisa berarti; "saya merasa lemah disamping anda. Saya merasa kurang dari anda, saya takut pada anda "atau juga bisa ditafsirkan" saya punya kesalahan, saya telah berbuat sesuatu yang sebaiknya tidak anda ketahui, Saya takut kalau rahasia saya terbongkar. Tidaklah baik menghindarkan pandangan mata orang lain karena maknanya bisa berarti "saya takut,s aya tak punya kepercayaan". 

Kalahkanlah rasa takut rasa malu, rasa was-was ini dengan sengaja memandang wajah orang lain. Memandang wajah orang lain akan berarti "saya betul-betul dalam keadaan benar, saya tau pasti apa yang akan saya katakan kepada anda". Tujukan tatapan mata anda secara langsung kebola mata orang lain, lawan bicara anda. Hal ini tidak saja memberikan kepercayaan terhadap diri sendiri akan tetapi membuat orang lain percaya kepada anda.

3. Jalanlah dengan mantapdan tidak ber leha-leha.
Para akhli psyhologi menganggapbahwa cara berjalan yang kurangmantap berleha-leha adalah tanda orang tsb tidak mempunyai sikap yang enak terhadap diri sendiri, pekerjaannya dan orang-orang disekitarnya. Dinyatakan pula bahwa dengan merubah cara berjalan maka akan robah pula sikap jiwanya, oleh sebab itu jika ingin punya sikap jiwa yang antap, cobalah berjalan tegap man-tap dan sedikit agak cepat. Ada sebagian orang yang berjalan biasa-biasa bahkan sedikit lesu, yang demikian mengesankan "saya kurang begitu bangga terhadap dirisaya". Ada sebagian orang yang percaya penuh terhadap dirinya, jalannya tampak sedikit cepat dari kebanyakan orang, mantap, tak berleha-leha. Cara ia berjalan mengesankan "saya harus pergi ketempat yang penting, saya punya pekerjaan penting yang harus segera dilaksanakan, dan saya ingin berhasil dengan apa yang hendak saya lakukan 15 menit lagi."

Dalam hal ini kita bisa mengambil contoh dari bangsa Jepang, kebiasaan orang Jepang ternyata mereka jarang ada yang jalan berleha-leha, melainkan berjalan sedikit cepat, tegap mantap dan terbukti mereka bangsa yang maju di segala bidang. Laksanakan teknik berjalan sedikit cepat dan mantap ini, bersikaplah tegap, tegakkan kepala anda, berjalanlah agak cepat dari kebanyakan orang maka anda akan merasakan bahwa kepercayaan diri anda akan semakin bertambah, Cobalahdan nikmati hasilnya.

4. Angkat bicaralah.
Seringkali dalam kelompok diskusi, rapat atau seminar, ada beberapa orang yang tidak berhasil melakukan diskusi, bukan karena tak punya bahan atau kurang pandai, soalnya tiada lain karena kurang percaya diri. Mereka punya fikiran "pendapat saya mungkin tak berguna, tidak relevan, pendapat saya saya kemukakan jangan-jangan kebodohan saya akan menjadi semakin nampak, lebih baik saya diam karena orang lainpunya pendapat lebih baik, tak ingin mereka tau betapa sedikitnya pengetahuan saya.

Makin tak bicara, akan semakin terasa tidak mampu, dan makin tak percaya terhadap diri sendiri, biasanya mereka berkata "lain kali aja deh saya bicara" padahal perlu di ingat "makin berani ia angkat bicara maka makin besar kepercayaan diri, dan akan semakin mudah angkat bicara pada lain kesempatan. Angkat bicaralah hal ini merupakan vitamin yang dapat membangun semangat. Biasakan angkat bcara dalam setiap pertemuan, rapat-rapat seminar atau pertemuan lainnya yang anda kunjungi, berikan komentar, saran-saran atau pertanyaan dan jangan dibiasakan menjadi pembicaraan terakhir. 

Janganlah panik, jika ada kesan bahwa anda kurang lancar, kikuk atau sebangsanya, karena disamping ada yang tak setuju, pasti ada orang yang setuju dengan pendapat anda. Janganlah anda bertanya . "apakahsaya boleh bicara" sebaiknya, berusaha agar mendapat perhatian dari ketua sidang dan bicaralah.

5. Tersenyumlah lebar-lebar.
Banyak orang mafhum bahwa senyum merupakan obat mujarab untuk menyembuhkan rasa kurang percaya diri, akan tetapi banyak yang belum benar-benar percaya kenyataan ini, karena merĂ©ka tak pernah tersenyum jika mereka dihinggapi rasa takut ragu atau bimbang. Padahal senyum lepas bebas memberikan rasa percaya terhadap diri senyum lebar akan dapat mengalahkan rasa takut, mengenyahkan kegelisahan. 

Senyumlah seceria mungkin, anda akan merasakan "hari ini hari baik kembali". Janganlah senyum setengah-setengah, karena yang begini kurang dapat meyakinkan. Mungkin orang kan berkata "pabila saya marah mana mungkin saya bisa tersenyum" memang betul, tapi ada teknik yang dapat anda gunakan. Paksakan pada diri sendiri bahwa saya sedang akan tersenyum laiu  tersenyumlah. Peliharalah tenaga dan kekuatan yang terdapat dalam tersenyum. ltulah lima butir tablet yang dapat membangun percaya diri menurut sang Doktor. dan sekarang saya ingin tambahkan dua buah pil yang saya kira pil ini lebih terjamin karena berasal dari sumber yang mutlak benar. 

Yang pertama harus di ingat bahwa siapapun yang namanya manusia janganlah disangkutkan dengan atribut-atribut lahiriah, tak perlu takjub tak perlu silau oleh keadaan-keadaan lahiriah, oleh karena dengan jelas dan tegas sang pencipta mengisaratkan "Inna akromakum indallahi atqokum". 

Yang kedua, peliharalah jiwa agar senantiasa dapat berkomunikasi dengan sang pencipta, agar mendapatkan ketenangan kekuatan batin yang mantap, karena diingatkan "Ala bizikrillah tatmainnul qulub". Itulah antara lain mutiara diantara rnutiara-mutiara yang masih banyak bertebaran dalam alquran. 

Solusi Agar Dapat Percaya Diri

Demikianlah resep untuk membangun rasa percaya diri seseorang. Penulis sadar sedalam-dalamnya, bahwa masih banyak cara-cara lain untuk dapat membangun rasa percaya diri ini, namun demikian walau hanya merupakan satu noktah didalam samudra kehidupan yang maha-luas, penulis tetap berharap semoga ada gunanya. Selamat mencoba, selamat jalan menuju sukses hingga anda tampil sebagai sosok pribadi yang mengesankan karena penuh percaya pada diri sendiri.  Baca juga ini Mengapa Remaja Anak Muda Nakal | Forum Anak Muda

Oleh : Drs. Tatang Sofyan, Sumber Media Pembinaa n0. 10-X-1983

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..