Solusi menangkal berita Bohong [ HOAX ]

Berita bohong adalah berita yang tidak layak konsumsi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan darimana sumbernya, berita hoax tersebut bisa dikatakan adalah sebuah kepentingan dari sudut pandang keinginan pembuat kabar tersebut, sebelum saya lanjutnya apakah anda sudah membaca artikel sebelumnya "Apasih HOAX dan apa pengaruhnya" selanjutnya, secara sederhana anda mestinya sudah mampu menangkalnya secara alami, yakni bagaimana mengklasifikasi persoalan dinamika hoax tersebut, beberapa Solusi menangkal berita Bohong [ HOAX ] pada artikel ini mungkin sekiranya bisa dijadikan acuan sederhana.

Jauh sebelum saya menulis artikel ini saya sudah memberikan contoh artikel yang berbau kajian pendidikan Islam dengan Judul PERS Zaman Rasulullah SAW | Jurnalis Islami, pada artikel tersebut berisakan sebuah cerita seorang perowi yang mencari sumber hadist, nah secara umum saya akan menganalisa Solusi menangkal berita Bohong [ HOAX ] berdasarkan fenomena saat ini. sebagai berikut :

  1. Jika anda membaca, mendengar, melihat kabar yang tidak jelas sumbernya maka kajilah terlebih dahulu sebelum menyimpulkan.
  2. Jika tulisan tersebut didunia maya seperti medsos anda bisa searching dari mana artikel itu bersumber anda bisa mengkrosceknya melalui mesih pencari, contohnya seumpama tulisan tersebut berupa informasi yang berbau formal dari pemerintahan, anda bisa mencari sumbernya dengan googeling atau memverifikasinya.
  3. Jika berupa gambar anda juga dapat mesearching melalui gambar terkait.
  4. Yang terpenting adalah anda bersikap netral jika hoax itu beraffiliasi pada unsur politik tertentu. jika pemiran anda ada pada sebuah keterpihakan maka anda sendiri akan terpancing dan menjadi pelaku hoak berikutnya. dan anda adalah korban dari politik tidak sehat.
  5. Hoax yang berasal dari sebuah media sosial, biasanya sangat mudah diidentifikasi asalkan anda bisa memilih dengan cermat, contohnya ada akun yang berpose perempuan cantik yang memiliki akun abal-abal dengan tujuan tertentu, bisa promo atau lainnya. seperti di jejaring sosial, perhatikan komentar-komentar dibawahnya, apakah ada yang mengenalnya, atau tidak secara bahasa mungkin bisa anda menganalisanya.
  6. Akun Kloning, akun kloningan merupakan sebuah akun palsu yang dibuat untuk menjatuhkan kredibelitas musuhnya, contohnya akun para tokoh yang dibajak, dengan tujuan tertentu.
  7. Jadilah pengguna Internet yang sehat dan positif, jika ada sebuah polemik dari berita hoax dan banyak para netizan terpancing setidaknya anda masuk sebagai penengah dan netral. berikan informasi yang mendidik.
  8. Hapus beberapa pertemanan didumay (jejaring sosial) yang anda sendiri tidak mengenalnya.
Beberapa Trik diatas mungkin agak ribet dibaca akan tetapi secara klasifikasinya anda perlu mengetahui tujuan hoax itu sendiri, secara garis besar adalah kepentingan kelopok atau individu, baik bersifat pencitraan atau politik bahkan bisnis, apalagi fenomena saat ini gonjang ganjing berita heboh dan banyak sekali media bodong yang tidak tahu siapa pemiliknya, begitu juga akun-akun yang tak bertuan, bahkan satu orang memiliki lebih dari 1 akun.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..