Apa sih yang dimaksud HOAK apa pengaruhnya.

Mempelajari Ilmu komunikasi memang bukan hal yang mudah, apa lagi berkaitan dengan bahasa-bahasa yang sama sekali belum pernah didengar sebelumnya, yang lebih uniknya lagi bahasa tersebut datang dari sebuah informasi yang beredar voral didunia maya, seperti melalui media sosial atau jejaring sosial, mau tidak mau sebagai manusia modern perlu sedikitnya paham perkembangannya, terutama dalam konteks informasi sekaligus bahasa yang dijadikan komunikasi di dunia maya. 
Artikel ini mungkin agak basi dengan diberikan judul Apa sih yang dimaksud HOAK apa pengaruhnya, akan tetapi penulis memiliki maksud dan sudut pandang yang berbeda dari artikulasi makna HOAK tersebut secara umum diartikan dengan literlite arti dari sebuah kata HOAK tersebut, dan sedikit menyederhanakan sembari diberikan penjelasan yang bersifat efek atau pemngaruh dari hoak itu sendiri yang saat ini viral didunia maya.

Pengertian HOAX
HOAX berasal dari bahasa Inggris yakni Tipuan atau berita bohong, palsu yang sengaja dubuat dari berbagai macam kepentingan, mungkin tepatnya secara bahasa itulah yang dimaksud Hoak, akan tetapi saya lebih melirik dengan efek dan pengaruh dari hoak itu sendiri secara akibat dari hoak tersebut dan sedikit menelaah maksud Hoakers yang membuat hoax.

Hoak menurut saya bukan hanya sekedar berita bohong, tipuan, palsu akan tetapi Hoax merupakan bagian dari green desain mengubah framing masyarakat secara disengaja, sudah sangat jelas fenomena hoax saat ini menjadi sebuah kabar yang ditelan mentah-mentah oleh masyarakat, bahkan para cendikiawan itu sendiri, sebelum saya menulis lebih lanjut mungkin akan lebih relefan saya berikan beberapa tips untuk menangi Hoax, bagaimana membedakan Hoax dan benar, anda bisa membacanya pada artikel selanjutnya.

Pengaruh HOAX.
Sudah barang tentu hoax sangat berpengaruh sekali dalam dunia maya, bahkan dapat mengubah mainset masyarakat dan berdampak horizontal, karena informasi bohong tersebut masyarakat mengeneralisasi (mengumumkan) informasi tersebut tanpa melalui proses yang sedemikian rupa dengan pengetahuan yang tepat, masyarakat cenderung menelan mentah-mentah kabar darimana, siapa berita tersebut beredar itu fakta yang terjadi masakini dan tak terbendung.

Berbicara pengaruh Hoax saya akan memberikan beberapa hasil dari para Hoaxers sesuai dengan kondisi Indonesia saat ini, sebelumnya rumus yang mesti kita pakai adalah ada akibat pasti ada sebab, dan pengaruh adalah akibat (penderita) nah fenomena yang terjadi didunia maya diseluruh dunia, bukan hanya diindonesia hoax ternyata sudah menjadi panganan masyarakat tiap hari. saya mengambil sample dari polemik politik nasional yang menimbulkan efek horizontal pada masyarakat dan menjadi sebuah perbincangan dari beragam lapisan masyarakat dari kelas kuli sampai bos.

Diawal Tahun 2014 pemilihan Presiden RI yang bermuara pada sebuah elektabelitas kedua kandidat yakni Ir. H. Jokowidodo dan H. Prabowo Subianto, analisa saya hoax bersumber beredar dari mulai pilpres tersebut secara panas dan viral di media sosial, memang hoax sudah ada sejak jaman dahulu akan tetapi saya lebih menyederhanakan dengan politik nasional yang sedang booming sampai saat ini, ini adalah realita yang perlu dipahami. Hoax dibuat oleh para simptisan kedua belah pihak secara nasional, bahkan isu tersebut sengaja dibuat menjadi framing nasional, dengan tujuan politik. Ironisnya hal itu dilakukan oleh media raksasa dan dilanjutkan oleh media abal-abal serta didunia maya diperdebatkan, dari mulai jejaring sosial yang bersifat berita video, gambar meme, dan sebagainya. Hoax terus bergulir sampai pada puncak kemenangan pasangan Jokowidodo dan Jusuf Kalla, dan tidak selesai sampai disitu, bahkan pemerintah secara tidak sadar telah mengajarkan hoax pada masyarakat yakni adanya KMP dan KIH dan hoax-hoax terus beredar tanpa henti, seolah-oleh pertarungan politik tetap berlanjut.

Fenomena politik dan hoax saling bercengkraman dan tidak dapat dipisahkan sampai pada jelang pilkada serentak dan lebih hebohnya semua bermuara pada pilkada DKI jakarta, karena mungkin ini adalah kursi panas menuju RI 1 atau embriologi kekuasaan nasional. Beberapa contoh Hoax bisa anda baca pada artikel selanjutnya. Beberapa Cpntoh hoax dan pembagiannya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..