Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Haid pada wanita dan dalilnya

Haid merupakan hal yang dialami oleh wanita dan sudah menjadi kodrat baginya. Haid juga bisa menghalanngi wanita untuk beribadah dimana sangat berkaitan dengan aktivitas sehri hari, pada zaman jahilyah perempuan yang sedang haid diperlakukan secara tidak manusiawi karena haid adalah sesuatu hal yang sangat menjijikan bagi kaum laki, wanita yang sedang mengalami haid, datang bulan (menstruasi) oleh suaminya diusir, tidak ajak tidur, tidak diajak makan mereka beranggapam wanita istrinya tersebut sedang dalam kondisi yang kotor dan sangat menjijikan bagi laki-laki merekapun enggan dengan istrinya tersebut. Sedangkan pada kaum Nasroni memiliki kebiasaan yakni menggauli Istrinya yang sedang haid.

Dalil tentang Haid :
Al-Qur'an Surat Al-Baqoroh Ayat 222 sebagai berikut

"Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri".

Hadist Nabi tentang Haid yang artinya:
" Ini (Haid) merupakan sesuatu yang telah ditakdirkan Alloh kepada Cucu-cucu Adam" (H.R. Bukhori dan Muslim).

Hal yang berkaitan masalah Haid menjadikan para Sahabat bertanya tentang Hukum-hukum Haid sehingga turunlah Ayat tersebut diatas, Ayat dan Hadist tersebut menjadikan dasar hukum haid sehingga memperlakukan para wanita dengan semestinya kemudian para ulamapun menjelaskan tentang haid dari dalil-dalil sebagi memperkuat tentang itu, Imam Syafi'I melakukan riset tentang Haid memerlukan waktu yang lama dengan melakukan penelitian berpuluh dan beratus-ratus wanita dari berbagai macam daerah dan dari taraf ekonomi yang berbeda pula sebagai data riset yang sekaligus penyimpulan hukum haid tersebut. baca selanjutnya Batas Usia Haid/Menstruasi Wanita, Pengertian Haid dan artikel artikel berikutnya seputar kewanitaan. semoga bermanfaat..

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..