Aksi sosial

Aksi sosial merupakan aspek pergerakan dari berbagai macam permasalahan dalam lingkunagn sosial yang mengganggu hak secara umum, biasanya terbentuk dari sebuah ketimpangan sosial (sosial problem) yang berlaku dalam lingkungan sosial teesebut hingga terjadi suatu perlawanan atau mobilitas sosial yang mengarah pada perubahan secara menyeluruh, seperti contohnya ketidak puasan terhadap pola pemerintahan yang menyengsarakan rakyatnya. Aksi sosial memiliki peranan penting untuk mengubah nasib masyarakat secara keseluruhan karena dianggap dalam nilai kurang seperti kemiskinan, kurangnya pendidikan, kurangnya pelayanan, penindasan , tidak diperhatikan, dan sebagainya, maka terjadilah sebuah mobilitas dari berbagai element masyarakat untuk melakukan aksi sosial tersebut.


Banyak hal sebebnarnya yang mengakibatkan aksi sosila seperti yang tertulis diatas, sangatlah dipandang perlu dalam melakukan sebuah aksi sosial asalkan tidak lepas dari nilai positif untuk tatanan sosial yang lebih baik akan tetapi kerapkali terjadi pencekalan pergerakan aksi sosial oleh pemegang kebijakan bahkan oleh beberapa elemen masyarakat yang sama karena perbedaan pandangan, tetapi itu semua adalah hal yang wajar, melakukan aksi sosial biasa dilakukan oleh beberapa kelompok sosial seperti LSM (lembaga swadaya masyrakat), Pendidikan, Yayasan, aktivis, ak lagi, semuanya mengarah ada nilai positif, seperti halnya aksi sosial yang banyak terjadi seperti demonsrasi, pemberontakan, perlawanan, dan lain-lain. Semua itu mengarah para obyek yang sudah menindas sosial secra menyeluruh dan berupa masalah sosial seperti halnya kemiskinan.

Aksi sosial tak lepas dari sistem yang mengarah pada prosedur aksi untuk melakukan perubahan sosial, sedemikian pentinya sistem yang harus dibangun guna aksi sosial yang dinyatakan akan tercapai apabila menggunakan beberapa planing untuk target tertentu. contohny adalah reformasi, revolusi, pemekaran daerah dan banyak lagi. Baca juga hukuman korutor dan maling motor
.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..