Cirebon Kota timur jawa barat

Kota kecil yang terletak di antara lintas jawa ini semakin ramai dibuktikan beberapa tahun terakhir sampai saat ini pembangunan terus menerus dilakukan, semua ini adalah bentuk keseriusan menjadikan cirebon sebagai kota ujung timur wilayah jawa barat, trans perlintasan yang tengah dibagun seperti bandara internasional di jatiwangi majalengka, pelabuhan cirebon sebagai tempat pendistribusian batubara di pulau jawa menjadikan penopang terciptanya kota yang akan menjadi maskot jawa barat wilayah timur ini. Tidak kalah wilayah kabupaten cirebin sendiri berperan untuk suksesi berbagai macam peningkatan infrastruktur pembangunan, meskipun semua itu adalah bukan milik pemerintah melainkan para investorial yang menanam saham di cirebon, dengan demikian mereka sudah melirik kawasan ini menjadi kawasan profit guna berafiliasi dalam persaingan bisnis.


Jika dilihat dari kacamata se jarah  jika cirebon menjadi kawasan yang maju dan ramai sebenarnya ini tidak asing, karena cirebon memiliki pelabuhan internasional sejak jaman dahulu yakni pelabuhan cirebon sekarang beralih fungsu menjadi pelabuhan batu bara, dubuktikan dengan para tokoh pada saat itu banyak sekali yang bersinggah di kawasan cirebon, seperti sunan gunung jati, pengusaha cina, india dan banyak lagi, membuktikan cirebon sudah maju dari jaman dahulu kala jauh dari rencana saat ini.

Meskipun semua itu banyak pula dampak negatif yang dari perkembangan suatu daerah tetapi bukan menjadi faktor alasan untuk tidak melangsungkan pembangunan, itu semua adalah efek alamiah tinggal bagaimana cara dan sitstem kontrol agar perlu adanya keseriusan.

Cirebon yang terkenal sebagai kota walinya menjadi identitas tersendiri untuk predikat demikian, tinggal bagaimana agar identitas tersebut tidak lenyap lantaran pembangunan daerah yang tak dapat di hentikan. Saatnya para aktifis pecinta lingkungan sebagai pemerhati kiranya lebih memperhatikan hal tersebut guna terciptanya identitas yang utuh. baca juga Cirebon dan Lokalisasi PSK.

2 komentar:

  1. Kemajuan bukan berarti meninggalkan identitas, dan cirebon kaya dengan itu seperti tarling yang sekarang tak ada regenerasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga apapun yang menjadi identitas tidak ditinggalkan begitu saja... begitu juga tarling agar selalu eksis.. amiin.. makasih sudah mampir mba,,

      Delete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..