Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Sejarah Masukknya Islam di Thailand

Sejarah Islam
Thailand merupakan salah satu wilayah yang banyak didatangi oleh berbagai saudagar yang datang dari India dan arab, kemudian berkembanglah Islam disana, Agama Islam diperkirakan datang ke Thailand pada abad ke-10 M yang dibawa oleh para pedagang Arab dan India. Karena mereka memainkan peranan penting dalam sektor ekonomi negeri itu, raja mengizinkan masyarakat muslim untuk tinggal di Bangkok Noi, di samping mereka kurang suka bersarna masyarakat asli yang masih memelihara babi dimana banyak masyarakat disana kurang menyukai babi lantaran jijik dan mengganggu sosial masyarakat, akan tetapi apalah daya dengan kondisi masyarakat secara ekonomi yang kurang begitu mapan, membuat segala sesuatu yang menjadi keterpakasaan karena faktor ekonomi membuat mereka hanya berdiam diri. 

Masyarakat Thailand menyebut umat Islam dengan istilah Khek Islam. Umat Islam yang tinggal di Thailand pada umumnya merupakan keturunan saudagar muslim Arab dan India yang telah menetap. dan menyatu dengan penduduk asli. Meréka inilah yang kemudian banyak berperan dalam proses penyebaran Islam di Thailand.

Dalam perkembangan selanjutnya, agama Islam dikembangkan oleh orang-orang Islam yang menjadi, tawanan kerajaan Siam (Thailand) yang berasal dari kerajaan Pasai. Termasuk Raja Zainal Abidin yang ketika itu menjadi tawanan kerajaan Siam. Mereka keluar dengan tebusan yang sangat mahal harganya. Di antara tawanan itu ada yang tetap memilih tinggal di Thailand dan menyebarkan agama Islam di sana.

Seiring dengan berjalannya waktu terjadi sebuah kerukunan dan perdamaian antara kerajaan Islam Pasai dan Thailan, Ketika suasana damai, hubungan Islam Pasai dan Thailand terjalin dengan baik kembali, dengan keadanaan sosial yang demikian menjadikan banyak umat Islam dari pasai yang berdatangan ke Thailand dengan tujuan menyebarkan Agama Islam tersebut pada penduduk Thailand.

Disisi lain, agama Islam yang masuk ke daerah Thailand juga berasal dan wilayah Malaka Ketika kerajaan itu mengalaml kemajuan pesat, banyak saudagar dari berbagai negara dan bangsa yang singgah di Malaka, térmasuk saudagar yang berasal dari Thailand.

Sejarah Masukknya Islam di Philipina, Sejarah Masukknya Islam di Jepang,

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..